7.11.11

Memperbaiki Windows XP NDETECT FAILED

Begitu cemas dan paniknya teman saya ketika laptopnya tiba-tiba saja bermasalah. Ia hampir menangis, karena begitu banyak data-data penting di dalam laptop tersebut. Ketika laptop dihidupkan, hanya muncul tulisan "ACER" dan beberapa tulisan di bawahnya (Maksudnya F12, F10), kemudian tampil layar hitam kosong. Bukannya masuk ke Windows XP, tetapi malah mati, kemudian hidup lagi, kembali lagi ke awal, tulisan "ACER", layar kosong lalu mati, hidup lagi, dan begitu lagi seterusnya. Intinya laptop hidup sebentar hanya menampilkan tulisan merk produk laptop, kemudian mati lagi.
Kalau  dicermati, ternyata sesaat sebelum mati, muncul tulisan "NDETECT FAILED" pada layar hitam.
"NDETECT FAILED", ini adalah kode informasi ketika sistem tidak dapat membaca atau menemukan file NDETECT. File ini adalah file system yang berfungsi untuk mendeteksi lokasi folder system ( windows 2000/windows xp) . Dengan adanya file ini, sistem windows bisa di install sampai 3 sistem operasi (atau lebih) sekaligus , misalnya windows 98 ,  windows 2000 , windows xp. Tanpa adanya file ntdetect.com , windows akan restart terus menerusak ataupun akan tampil blue screen.
Bagaimana cara membetulkan laptop, jika ada gejala di atas? Jangan instal ulang dulu. Siapa tahu, hanya file ndetect nya saja yang hilang. Ketimbang kita menginstall ulang, yang jika dilakukan terus menerus dapat membuat bad sector hardisk semakin meluas, lebih baik kita "Repair" saja dulu.
Berikut langkah-langkah perbaikannya. Namun sebelumnya siapkan dahulu CD Instalasi Windows XP Anda.
  1. Hidupkankan Komputer PC/Laptop Anda, masukkan CD Instalasi Window XP nya, dan      booting dari CD tersebut.

  2. Tekan tombol 'R' untuk Repair

  3. Lalu akan masuk ke Windows Recovery Console berupa layar hitam
    Setelah muncul layar hitam, maka akan muncul beberapa petunjuk.
    - Tekan "1" untuk Log in ke Windows Instalation
    - Isi password Administrator (jika ada; kalau tidak ada langsung tekan enter)
    - Jika drive CD Anda "e" dan drive tempat file sytem Anda "c" (jika berbeda tinggal ganti saja hurufnya sesuai drive Anda), ketikkan perintah berikut(tanpa tanda kutip)
            "copy e:\i386\ntldr c:\" 
           (tekan enter)         
           "copy e:\i386\ntdetect.com c:\" 
           (tekan enter)
  •  Jika berhasil mengkopi data tersebut, Anda akan mendapat pesan berhasil, atau mungkin jika mendapat pesan ini: "Overwrite File", tekan saja "Y" lalu enter. Setelah itu keluarkan CD dan ketik "exit". Reboot komputer Anda.
  • Jika ada pesan "invalid .... " atau "access is denied" maka itu tanda kesalahan dalam menjalankan perintah. Kemungkinan: CD tidak dapat dibaca dan/atau akses ke hardisk ditolak. Itu berarti kalau bukan CD install Anda yang bermasalah maka hardisk Anda yang bermasalah.
    Indikasi untuk hardisk yang bermasalah: Boot Sector bermasalah, partisi hardisk yang bermasalah. Hal tersebut dapat terjadi karena kesalahan pemakaian/perawatan, Virus Boot Sector, dan/atau hardisk yang memang sudah rusak.

1 komentar: