18.8.11

Electone Stagea Mini, ELB-01







Stagea mini merupakan salah satu produk electone terbaru dan termodern keluaran Yamaha. Organ yang satu ini memiliki kelebihan di banding organ keluaran yamaha sebelumnya. Di antaranya memiliki begitu banyak macam register suara, terdapat lebih dari 180 efek digital, ada 16 registrasi memori, terdapat koneksi USB flash disk, bahkan memiliki koneksi internet, dan masih banyak lagi. Kecanggihannya tersebut, membuat kita lebih mudah untuk memainkan beragam musik, terutama musik-musik berciri orkestra.Kita pun juga dapat merekam permainan kita, dan menyimpannya langsung ke USB flash disk kita sendiri. Permainan kita akan tersimpan dalam format .MID.

Disamping memiliki kelebihan, alat musik ini juga punya beberapa kelemahan. Teman saya seorang pemain piano mengatakan bahwa tutsnya lembut sekali, jadi agak kaku memainkannya. Teman saya yang lain mengatakan bahwa pedal untuk bas kakinya agak keras, kurang elastis ketika di tekan, tidak seperti beberapa organ keluaran Yamaha sebelumnya. Kita pun hanya dapat menyimpan permainan kita dalam format .mid, sehingga seandainya kita ingin memutar permainan orkestra kita di komputer, yang terdengar hanya suara versi piano saja. Saya belum tahu apakah ada software converter khusus untuk itu. Namun, ada lagi versi induknya yang mampu mengatasi beberapa kelemahan mini stagea ini, yaitu Yamaha Electone Stagea ELS-01 C.

Walaupun terdapat beberapa kekurangan, saya tetap senang bermain di electone ini. Sebab, kita bisa berkreasi, berimprovisasi, terutama untuk musik orkestra dengan lebih mudah, dikarenakan register suaranya yang beraneka ragam.

Saya pun mencoba memainkan musik sederhana, dan menyimpannya di flash disk. Kemudian, saya putar ulang dan merekamnya menggunakan kamera. Ini hasilnya...


Listen to Hari Merdeka

Download Hari Merdeka.wav

Wah, maaf ya kalau ada nada2 yang KEPLETOT.. hahaha, karena saya juga masih belajar ......
Karena keterbatasan alat perekam, suara bas kakinya kurang kedengeran. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar